Sunday, April 23, 2017

Mekanisme Neurologis Bicara


      Menurut ahli komunikasi, bicara adalah suatu kemampuan anak untuk berkomunikasi dengan bahasa oral (mulut) yang membutuhkan kombinasi serasi dari sistem neuromuskular untuk mengeluarkan fonasi dan artikulasi suara yang jelas. Proses bicara melibatkan organ respirasi dan organ-organ lain serta fungsinya yang berbeda.
Bicara melibatkan proses sensorik dan motorik tubuh. Sensorik adalah proses ketika tubuh menerima rangsang bicara seperti pendengaran, pengelihatan dan indera peraba, sedangkan motorik berfungsi sebagai pengatur otot-otot bicara seperti yang ada pada laring, alat-alat artikulasi yang bertujuan untuk memproduksi suara.

     Di dalam otak terdapat bagian yang menyusun dan mengatur tentang bagaimana manusia berbahasa. Pusat bahasa pada otak terletak pada hemisfer sebelah kiri, tepatnya pada area wernicke yang berada pada lobus temporal otak dan area broca pada inferior lobus frontal otak. Area tersebut memiliki fungsi yang berbeda dalam proses berbicara. Area wernicke berfungsi sebagai pusat pemahaman bahasa dan interpretasi kalimat yang di dengar maupun dilihat manusia, sedangkan area broca berfungsi sebagai pusat bahasa ekspresif yang berhubungan langsung dengan area motorik otak yang akan mengatur otot-otot dan organ yang bekerja saat berbicara. Bagian-bagian lain seperti gyrus angularis, area primer auditori dan area primer visual juga ikut berperan dalam mekanisme neurologis bicara.
      Jalannya impuls berawal dari rangsang yang diterima, lalu menuju area wernicke untuk dipahami dan diinterpretasikan dan berlanjut ke area broca untuk menyusun kata atau kalimat yang akan diucapkan sesuai repon dari rangsangan, dari area broca impuls berjalan ke area motorik dan terjadilah proses berbicara.

References :
  1. Victor M, Ropper AH. Principles of Neurology Adams and Victor’s, seventh edition. McGraw-Hill.2001.
  2. Guyton AC, Hall JE. Dalam : Irawati Setyawan, penyunting. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Edisi 9. Jakarta : EGC, 1997.



No comments:

Post a Comment